Home / berita umum / Bupati Sanggau Inginkan Ini Dari Menteri Pertanian

Bupati Sanggau Inginkan Ini Dari Menteri Pertanian

Bupati Sanggau Inginkan Ini Dari Menteri Pertanian – Dalam kunjungan kerjanya ke Kalimantan Barat (Kalimantan barat) , Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman berdialog dengan warga. Disana, Mentan didampingi oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi.

Dalam peluang itu, warga yang diwakili oleh Paulos memohon pada Amran untuk dapat menolong produksi hasil pertanian bertambah. Satu diantaranya, adalah dengan melakukan perbaikan jaringan irigasi.

” Sawah kita ini di areal 120 hektare. Sesungguhnya kita miliki irigasi Merowi yang telah lama dibuat, serta orang-orang disini, mereka ingin mengemukakan masukan, kalau irigasi kita ini agak macet. Karena ini areal ini memanglah jadi tanggung jawabnya propinsi, ” kata Bupati Andeyanus, di Sanggau, Kalimantan barat Jumat (20/10/2017)

” Kita telah dorong, kalau problemnya yaitu sedimensasi, lalu juga mungkin saja ada rusaknya sedikit di irigasinya sendiri. Kami telah tiap-tiap tahun menyarankan, namun kami sadar mungkin saja aturan kita masih tetap terbatas. Serta potensi areal ini kami cemas, lama-lama beralih peranannya, karena usaha sawit di Sanggau lebih menjanjikan, ” lanjut.

Menyikapi hal tersebut, Amran memohon pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat untuk melakukan perbaikan system irigasi yang ada. Dianya juga berjanji juga akan memberi mesin berat untuk memudahkan PU dalam lakukan perbaikan.

” Untuk irigasi, mana pak Kadis PU? Dapat tidak bila saya kasih excavator, traktor, kelak ayah kerjain. Kerjakan itu irigasi, turunkan orang-orang ini, tentu ingin bantu. Traktor, yang 4 roda, harga nya Rp 500 juta untuk 1 unitnya, saya kasih 4. Dengan catatan itu rampung ya. Sepakat ya, ” tuturnya.

Diluar itu, Amran juga berjanji untuk memberi petani di Sanggau bibit jagung untuk 15. 000 hektar tempat, yang nanti dapat penuhi keperluan jagung Malaysia.

” Kabupaten Sanggau saya kasih 10 pompa ya. Terlebih, benih jagung Saudara kita, Malaysia memerlukan, potensi besar di Malaysia yaitu memerlukan 3, 1 juta ton jagung. Beras 1 juta ton lebih. Yang dapat penuhi keperluan itu yaitu Sanggau. Daripada beli jauh-jauh dari Pakistan, Vietnam, agar dekat, dibuang saja telah export, ” tuturnya.

” Kita kasih 15. 000, tahun lantas 7. 000 ton. Dapat tanam 15. 000 ton benih? Saya kasih gratis, nilainya itu Rp 30 miliar. Ini persiapan untuk export. Jadi ini kami beri 15 ribu hektar, gratis benihnya, gratis pupuknya, ” ujarnya.

About admin