Home / kesehatan / Cristiano Ronaldo Lakukan Aksi Sosial Dengan Mendonorkan Plasma

Cristiano Ronaldo Lakukan Aksi Sosial Dengan Mendonorkan Plasma

Cristiano Ronaldo Lakukan Aksi Sosial Dengan Mendonorkan Plasma – Di situs media sosialnya, pesepakbola peraih Pemain Paling baik Dunia 2017, Cristiano Ronaldo, mengunggah photo masalah donor plasma. Memegang cairan berwarna kuning pucat dalam kantong donor, Ronaldo mengajak penggemarnya untuk ingin lakukan donor plasma.

Pertanyaan juga keluar apakah itu donor plasma? Berlainankah donor plasma dengan donor darah yang sampai kini telah di ketahui?

Diambil dari WebMD, plasma sesungguhnya yaitu sisi dari darah. Darah terbagi dalam sel darah merah, sel darah putih, platelet (keping darah) dan plasma yang disebut cairan darah. Peranannya terkecuali melindungi desakan darah, juga memiliki kandungan komponen perlu seperti mineral, antibodi, dan nutrisi.

” Sekitaran 55 % darah terbagi dalam plasma. Walau darah tampak berwarna merah, plasma sendiri sesungguhnya berwarna kuning pucat, ” catat WebMD.

Donor plasma diperlukan karna pada sebagian penyakit, yang diperlukan oleh pasien tidaklah semua komponen darah tetapi cuma plasmanya saja. Pasien hemofilia, kanker, serta sebagian penyakit autoimun adalah beberapa penerima donor plasma.

Akhirnya donornya sendiri tidak jauh berlainan dengan donor darah umum. Calon pendonor mesti berumur minimum 18 th. serta tidak menderita penyakit seperti HIV serta hepatitis.

Darah dari badan donor juga akan disedot memakai mesin. Nah, didalam mesin tersebut darah dibuat serta dipisahkan pada plasma dengan komponen darah yang lain. Plasma yang keluar juga akan ditampung didalam kantong, sesaat sel darah merah, sel darah putih serta komponen darah bekasnya masuk kembali kedalam badan.

” Akhirnya tidak lama serta berangsur antar satu jam sampai satu 1/2 jam, ” catat WebMD.

Cristiano Ronaldo sendiri telah cukup lama teratur jadi donor darah serta donor plasma. Ia juga mengajak beberapa penggemarnya untuk ingin lakukan donor darah serta donor plasma karna aksi itu bisa menyelamatkan banyak nyawa.

About admin