Home / berita umum / Dilarang Menangkap Bibit Lobster Merusak Ekosistem

Dilarang Menangkap Bibit Lobster Merusak Ekosistem

Dilarang Menangkap Bibit Lobster Merusak Ekosistem – Polda Banten menangkap pengepul benih lobster atau benur di daerah selatan Lebak. Sejumlah 10. 373 benur dari type lobster mutiara serta pasir diamankan dari tersangka W dengan kata lain Monok serta UY di Lebak dengan nilai Rp 627 juta.

Penangkapan pada benur ini dinilai meneror ekosistem lobster terutama di pesisir selatan baik di Pandeglang serta Lebak. Terlebih, di pesisir sana jadi habitat untuk semua type lobster dari mulai mutiara, batik, bambu serta lobster pasir.

Kepala Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Kualitas serta Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Merak, M Hanafi menyebutkan, berdasar pada Undang-undang Perikanan, cuma lobster dengan berat diatas 200 gr yang bisa diperjual-belikan oleh beberapa nelayan. Dibawah itu, ketentuan melarang untuk nelayan ataupun beberapa penangkar lobster.

” Dibawah itu dilarang penangkapannya, budidaya hingga di kirim ke luar negari, ” tuturnya di Mapolda Banten, Kota Serang, Jumat (13/4/2018).

Ia menyebutkan, pada 2017 saja, stasiun karantina di Merak dengan Polda Banten lakukan 3 kali penangkapan pengirim benur yang juga akan menyeberang ke Sumatera. Th. ini, 10 ribu benur yang diamankan Polda menurut dia termasuk juga dalam jumlah besar.

” Begitu meneror ekosistem lobster, karna peluang banyak di nelayan yang belum juga diketemukan, ” katanya.

Terlebih, menurut dia di daerah pesisir seperti Binuangeun serta Wanasalam, Lebak, banyak keramba di dalam laut yang sangat mungkin ada penangkapan benur dari habitatnya.

Ia juga menilainya, orang-orang di pesisir selatan sana tidak menangkap benih lobster. Karna, ekosistem lobster sangatlah mengkawatirkan.

Disamping itu, Dirkrimsus Polda Banten Kombes Abdul Karim menyebutkan, atas temuan ini kepolisian menurut dia juga akan lakukan pencarian hingga ke tersangka beda. Ada dua DPO yang masih tetap dikejar oleh kepolisian yakni U jadi yang memiliki serta B jadi konsumen untuk di jual kembali pada pihak ke-3.

” Kita juga akan awasi aktivitas ini, yang perlu telah kita peroleh serta juga akan kita kembangkan ke tersangka serta TKP yang lain, ” katanya.

About admin