Home / berita umum / Pasar Hewan Ambarawa Dikerubuti Warga Pencari Hewan Kurban

Pasar Hewan Ambarawa Dikerubuti Warga Pencari Hewan Kurban

Pasar Hewan Ambarawa Dikerubuti Warga Pencari Hewan Kurban – Menielang Idul Adha, masyarakat di Kabupaten Semarang mulai berburu hewan kurban. Salah satunya pasar yang ditujua merupakan di Pasar Hewan Ambarawa. Bukan sekedar masyarakat Kabupaten Semarang saja yang hadir, akan tetapi dari daerah lainnya banyak juga yang hadir.

Sapi kurban seharga Rp17 juta sampai Rp 20 juta yang ramai diburu. Akan tetapi ada juga sapi-sapi dengan berat diatas 500 kg yang dicari. Akan tetapi hanyanya tambah lebih mahal.

Kegiatan jual beli hewan ternak di Pasar Hewan Ambarawa cuma waktu hari Market Pon atau diketahui Pasar Pon. Mendekati Idul Ada masih tetap ada 1 kali market Pon yaitu tgl 21 Agustun kelak. Untuk hari ini harga jual sapi yang dirata-rata dicari sekitar Rp 17 juta sampai Rp 20 juta.

Salah satunya konsumen, Semin (60), masyarakat Tegaron, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang menyampaikan, hadir mencari sapi untuk kurban.

” Kami kesini mencari sapi untuk kurban. Pada pasar Pon awal mulanya bisa seharga Rp 19 juta, sekarang ini ingin mencari lagi, ” tuturnya waktu didapati di sela-sela menawar sapi di Pasar Hewan Ambarawa, Kamis (16/8/2018).

Pedagang sapi, Sukani (58), masyarakat Musuk, Boyolali menyampaikan, rata-rata konsumen mencari yang harga Rp 17 juta sampai Rp 20 juta.

” Kami bawa serta sapi PO (Peranakan Ongole) seberat 673 kg laris sebesar Rp 31 juta. Tetapi yang ramai dicari harga Rp 17 juta sampai Rp 20 juta, ” katanya.

Selain itu, drh Harmanto dari Dinas Pertanian, Perikanan serta Pangan Kabupaten Semarang menyampaikan, tiap-tiap satu bulan sekali bekerja di Pasar Hewan Ambarawa. Lalu mendekati Idul Adha mengecek hewan kurban yang akan disembelih.

” Mendekati Idul Adha mengecek hewan kurban sebelum disembelih di pasar ini. Kami juga mengecek hewan kurban keliling beberapa tempat penyembelihan hewan kurban, ” tuturnya yang bekerja di Puskeswan Kecamatan Getasan, itu.

Ia menyampaikan saat bekerja di pasar hewan, juga mengecek kesehatan sapi-sapi. Lalu memberi referensi surat info kesehatan hewan (SKKH).

About admin