Home / berita umum / Pembacaan Keputusan Atas Laporan OSO Segera Di Bacakan

Pembacaan Keputusan Atas Laporan OSO Segera Di Bacakan

Pembacaan Keputusan Atas Laporan OSO Segera Di Bacakan – Bawaslu akan membacakan putusan atas laporan Oesman Sapta Odang (OSO) pada KPU. OSO memberikan laporan KPU atas pendapat pelanggaran administrasi serta pendapat pelanggaran pidana pemilu berkenaan penyalonan anggota DPD.

“Tanggal 9 (putusan) untuk masalah pendapat pelanggaran administrasi. Tanggal 10 itu pengumuman status laporan untuk laporan pidana pemilu,” kata anggota Bawaslu, Ratna Dewi Pettalolo, kala diminta konfirmasi, Selasa (8/1/2019).

Dewi menyebutkan putusan yang dibacakan besok berkenaan laporan pendapat pelanggaran administrasi.

“Bila bisa di buktikan KPU kerjakan pelanggaran administrasi, bisa saja memperbaikinya apa Pak OSO penuhi ketentuan dimasukkan ke DCT. Tetapi jika tak bisa di buktikan KPU kerjakan pelanggaran administrasi, bermakna aksi KPU udah benar. Tetapi ringkasan ini baru dapat kita peroleh selesai mendalami semuanya serangkaian persidangan, semua info pakar, beberapa pihak, mengecek alat bukti, baru sampai pada ringkasan,” papar Ratna.

Bawaslu awal kalinya minta info Ketua KPU Arief Budiman serta OSO dalam kontrol laporan pendapat tindak pidana Pemilu. OSO ajukan dua tuntutan pada KPU, ialah pendapat pelanggaran administrasi serta pendapat pelanggaran pidana pemilu.

Ke dua laporan ini dimasukkan lantaran KPU dirasa tak menjalankan putusan PTUN. Putusan PTUN sendiri memerintah KPU masukkan OSO ke rincian calon masih (DCT) anggota DPD.

About admin