Home / berita umum / Pencari Suaka Dipindahkan Ke Jakarta Islamic Center

Pencari Suaka Dipindahkan Ke Jakarta Islamic Center

Pencari Suaka Dipindahkan Ke Jakarta Islamic Center – Beberapa pelacak suaka asal Timur Tengah saat ini gak bergabung di trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Meskipun mereka belum semua dipindahkan, Pemprov DKI minimal udah menyiapkan ‘rumah baru’ di Kalideres, Jakarta Barat, buat mensterilkan pusat kota dari beberapa pelacak suaka.

Pandangan pindahan beberapa pelacak suaka ini dimulai dari kunjungan Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi ke Jalan Kebon Sirih pada Rabu (10/7/2019) malam. Pria yg akrab dipanggil Pras itu mula-mula mengajukan pelacak suaka ini dipindahkan ke Jakarta Islamic Center, Jakarta Utara.

Gagasan itu juga urung dijalankan, sampai selanjutnya Pemprov DKI siapkan pengungsian sesaat di area bekas Kodim Jakarta Barat di Kalideres. Fakta pemindahannya, pelacak suaka ini mendadak semakin bertambah banyak.

” Awal mulanya kan pengin ke Jakarta Islamic Center, tetapi sebab semakin lama mereka semakin banyak, selanjutnya di tempatkan di bekas Kodim Jakarta Barat di Kalideres, ” ujar Pras pada wartawan di kantor UNHCR, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2019) .

Pras tak miliki data tentu, tetapi disebutkan ada lebih dari 300 orang hingga butuh tempat yg lebih luas.

” Saat ini tukasnya 300 lebih. Tempo hari cuma 250 orang. (Tempatnya) besar, wajar tinggal sesaat disana, ” ujar Pras.

Beberapa ratus pelacak suaka itu saat ini udah tempati ‘rumah baru’ di Kalideres. Mereka datang sore barusan kira-kira jam 16. 00 WIB, selesai diangkut dari trotoar Kebon Sirih memakai bis punya Pemprov DKI.

Ada enam tenda yg disajikan Dinas Sosial DKI Jakarta. Tidak hanya itu, ruangan-ruangan di gedung bekas Kodim disulap berubah menjadi ruangan inap buat beberapa pelacak suaka. Dinsos menyiapkan terpal sampai matras buat alas tidur.

About admin