Home / berita umum / Presiden RI Mengutarakan Tentang Peresmian Masjid Raya Hasyim

Presiden RI Mengutarakan Tentang Peresmian Masjid Raya Hasyim

Presiden RI Mengutarakan Tentang Peresmian Masjid Raya Hasyim – Presiden Joko Widodo memiliki Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari di Daan Mogot, Jakarta Barat. Jokowi mengungkap bangun masjid raya itu yaitu impiannya selagi menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta.

” Ini mimpi lama saya. Selagi jadi Gubernur Jakarta th. 2013, saya membuat tim yang di pimpin Adhi Moersid, arsitek kenamaan yang pernah terima Aga Khan Award buat Masjid Said Naum, Tanah Abang yang dirancangnya, ” papar Jokowi dalam laman Facebook resminya, Sabtu (15/4/2017).

Jokowi bercerita, selagi penempatan batu pertama (ground breaking) ia ikut datang. Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari di bangun diatas area punya Pemprov DKI seluas 2, 4 hektare. Masjid mengusung rancangan memiliki nuansa arsitektur Betawi.

” Pada 26 September 2014 saya sendiri yang letakkan batu pertama pembangunan masjid ini. Di bangun diatas area punya Pemerintah Propinsi DKI seluas 2, 4 hektare, Masjid Raya K. H. Hasyim Asy’ari memiliki nuansa arsitektur Betawi. Tiap tiap tiang yang ada di masjid ini punya ornament Gigi Balang. Di atasnya menjulang lima menara yang melambangkan Rukun Islam, ” tulisnya.

Tidak cuman berkata masalah design masjid, Jokowi mengungkap argumen pilih nama pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy’ari sebagai nama masjid. Layanan serta perjuangan KH Hasyim Asy’ari dikatakannya layak diapresiasi.

” Kenapa mengambil nama K. H. Hasyim Asy’ari? Hadratus Syeikh K. H. Hasyim Asy’ari yaitu pendiri salah satunya organisasi keagamaan paling besar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU). Ini bentuk animo pemerintah atas jasa-jasa almarhum menyebarkan nilai-nilai Islam serta keindonesiaan yang sesuai sama prinsip Islam yang rahmatan lil alamin, ” tuturnya.

Jokowi menginginkan, masjid yang menelan aturan Rp 164 miliar itu sanggup jadi lambang Islam yang ramah serta jadi pilar keberagaman.

” Saya menginginkan masjid yang dapat menyimpan 12. 500 jamaah ini jadi lambang keislaman yang ramah, moderat, serta jadi pilar keberagaman, ” tutupnya

About admin