Home / berita umum / SKPT Yang Terdapat Di Selat Lampa Itu Dapat Menyerap 60-80 Ton Ikan

SKPT Yang Terdapat Di Selat Lampa Itu Dapat Menyerap 60-80 Ton Ikan

SKPT Yang Terdapat Di Selat Lampa Itu Dapat Menyerap 60-80 Ton Ikan – Kementerian Kelautan serta Perikanan (KKP) membidik Sentra Kelautan serta Perikanan Terpadu atau SKPT Natuna mampu menyerap 24 ribu ton ikan per tahunnya. Artinya, dalam satuhari, SKPT yg terdapat di Selat Lampa itu dapat menyerap 60-80 ton ikan.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan serta Perikanan Sjarief Widjaja menyampaikan sasaran itu belum pula dapat terwujud th. ini lantaran SKPT Natuna baru di buka sejak mulai 1 Juni 2017 waktu lalu. Sekarang, ikan yg dihadirkan oleh banyak nelayan ke SKPT Natuna per harinya baru seputar satu ton.

” Sepanjang dua bln. ini, ada 150 kapal yg kesini. Di muka, ada 14 ton ikan yg masuk serta udah keluar kembali (di kirim ke luar Natuna) . Sekarang, ada 20 ton ikan yg masuk serta masihlah disimpan di cold storage, ” kata Sjarief di SKPT Natuna, Batam, Minggu, 6 Agustus 2017.

Manajer Perum Perikanan Indonesia (Perindo) Unit Natuna Yogi Adri menyampaikan pada awal dibukanya SKPT Natuna, cuma ada 50 kapal ikan yg jual hasil tangkapannya. ” Selanjutnya berkembang jadi 150 kapal. Kami jemput bola ke wilayah-wilayah yg belum pula terjangkau, ” ucapnya.

Beberapa besar ikan yg dibeli Perindo dari nelayan di Natuna, menurut Yogi, di kirim ke Jakarta serta Surabaya. Ada berbagai variasi ikan yg ditemui Perindo dari kapal-kapal ikan yg menangkap ikan di perairan Natuna, ​ seperti kakap merah, tongkol, tamban, kerapu, serta cumi-cumi.

Sekarang, kata Yogi, kakap merah dari nelayan yg datang ke SKPT Natuna dihargai Rp 45 per kilo-gram. Di Jakarta, harga jualnya jadi 60 ribu per kilo-gram. Disamping itu, harga cumi-cumi dari nelayan meraih Rp 16 ribu per kilo-gram. ” Di Jakarta dapat Rp 30 ribu per kilo-gram, ” pungkasnya.

Sejak mulai 2016, KKP mendirikan SKPT Natuna dengan nilai investasi Rp 112, 2 miliar. SKPT yg resmi beroperasi pada 1 Juni 2017 itu di bangun biar kapal ikan yg beroperasi di perairan Natuna mampu jual ikannya disana. Menurut data, potensi perikanan di Natuna meraih 1. 143. 341 ton.

About admin