Home / berita umum / Sumber Paling Besar Polusi Di Jakarta Adalah Kendaraan Motor

Sumber Paling Besar Polusi Di Jakarta Adalah Kendaraan Motor

Sumber Paling Besar Polusi Di Jakarta Adalah Kendaraan Motor – BMKG menyebutkan musim kemarau miliki dampak besar pada tingkat polusi di Jakarta. Penambahan polusi diantaranya lantaran cuaca yg kering serta jumlahnya tempat terbuka serta membuat debu-debu lebih ringan beterbangan.

” Besar pengaruhnya. Jadi situasi udara yg kering itu, barusan disebut pembangunan, ya. Pembangunan itu kan semisalnya galian tanah terbuka, ada angin kalaupun musim kemarau itu, jadi sebetulnya iya. Kalaupun saya sebutkan beberapa dari kendaraan ya. Jadi saat ini pembangunan yg banyak mungkin tempat terbuka dengan tanah dengan debu, itu kan jadi sumber. Jadi memang itu sumbernya, ” kata Kepala Pusat Kabar Pergantian Iklim BMKG Dodo Gunawan di Graha BNPB, Jakarta Timur, Jumat (28/6/2019) .

Ia menyebutkan sepanjang musim kemarau polusi itu dapat terakumulasi di atmosfer serta dapat mulai tercuci atau menyusut waktu musim hujan. Pucuk musim kemarau direncanakan berlangsung pada Agustus biarpun telah ada wilayah yg alami kemarau lebih dahulu, seperti Jawa Timur serta NTT.

” Bergantung daerahnya juga. Tempo hari kan awalnya beda-beda tuch per wilayah. Kan hitungan yg di Jawa Timur sampai 60 hari itu yg tak ada hujannya, bermakna semenjak Mei. Di NTT ada yg sampai 90 hari tuch, bermakna mundur ke belakang sampai 3 bulan ke belakang, ” ujarnya.

Kembali lagi bab polusi di Jakarta, Dodo menyebutkan, biarpun berikan dampak besar, kemarau tak langsung membuat tingkat polusi naik jadi kedua kalinya lipat. Ia mengemukakan tingkat polusi bergantung sumber yang memicu polusi yg terakumulasi dalam sebuah daerah.

” Kelak dalam situasi kemarau itu dapat makin bertambah juga. Namun bukan bermakna kedua kalinya lipatnya , gak. Sumbernya kan kendaraan, pembangunan, terakumulasi dapat semacam itu, ” katanya.

Awal kalinya, situs pemasok peta polusi udara online, AirVisual, mengatakan mutu udara di Jakarta pada Selasa (25/6) pagi tak sehat. Menurut data di situs atau aplikasi AirVisual pada waktu 10. 00 WIB, nilai air quality index (AQI) Jakarta yaitu 168. Jakarta ada di urutan ke-2, seusai Lahore, Pakistan. Mutu udara di Jakarta dikatakan ‘unhealthy’. Nilai AQI Jakarta sempat pula menggapai angka 216 atau masuk category ‘very unhealthy’.

AQI yaitu indeks yg dimanfaatkan AirVisual buat mengukur tingkat keparahan polusi udara dalam sebuah kota. Indeks ini memperhitungkan 6 polutan penting, ialah PM2. 5, PM10, karbon monoksida, sulfur dioksida, nitrogen dioksida, serta ozon di permukaan tanah. Enam polutan penting itu dikalkulasikan jadi angka AQI. Tenggang nilai AQI yaitu 0-500. Kian tinggi nilai AQI, makin tinggi juga tingkat polusi udara.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga menyikapi penilaian AirVisual bab mutu udara DKI Jakarta yg disebutkan tak sehat itu. Untuk Anies, jeleknya udara di Jakarta diakibatkan oleh kebanyakan kendaraan bermotor.

” Sumber paling besar permasalahan udara kita yaitu kendaraan bermotor yg banyak di Jakarta, ” ujar Anies pada wartawan di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Rabu (26/6) .

Pemprov DKI, tuturnya, terus mengupayakan kurangi pemanfaatan kendaraan pribadi di Jakarta. Diantaranya dengan pengintegrasian transportasi umum di DKI.

About admin