Home / berita umum / Ultah Korut Tanpa Pamer Rudal

Ultah Korut Tanpa Pamer Rudal

Ultah Korut Tanpa Pamer Rudal  –  Korea Utara mengadakan parade militer serta siap-siap mengadakan pesta berolahraga besar untuk memperingati hari ulang tahun ke-70.

Uniknya, parade militer itu tidak tampilkan rudal-rudal balistik yang dapat mencapai daratan Amerika Serikat.

Berdasar pada laporan wartawan kantor berita AFP dan pantauan NK News pada berita stasiun tv pemerintah Korut, kehadiran rudal balistik antarbenua (ICBM) tidak tampak.

Parade militer itu diawasi beberapa negara, termasuk juga Amerika Serikat, karena saat itu Korut tampilkan persenjataan serta memberikan tandanya apa mereka menepati janji denuklirisasi.

Pada parade-parade awal mulanya, beberapa tank, rudal, serta beberapa ribu personil militer dilibatkan. Akan tetapi, beberapa analis memperingatkan jika bukan berapakah banyak tentara atau berapakah banyak senjata yang akan dimainkan, tetapi type apakah yang dipamerkan.

” Yang sangat terpenting ialah apa kita akan lihat rudal balistik antar benua (ICBM) pada parade ini apabila ada, berapakah banyak, ” kata Fyodor Tertitskiy dari NK News pada BBC

Rudal balistik antar benua, yang dapat mengangkat hulu ledak nuklir serta bisa mencapai daratan AS, adalah sumber kecemasan khalayak dunia.

Tertitskiy menilainya Korut tidak merencanakan menghancurkan rudal-rudal itu. ” Akan tetapi, kalau mereka menunjukkan rudal-rudal pada parade ini, hal tersebut bisa menjadi tandanya baik jika mereka tidak berpura-pura tidak miliki ” .

” Ini memberikan indikasi perundingan dengan AS akan menuju kegagalan, ” imbuhnya.

Selain itu, berdasar pada analisa citra satelit saat dua minggu paling akhir, pesta berolahraga Arirang yang akan diselenggarakan saat September diindikasikan akan berjalan besar-besaran.

Pesta berolahraga ini ialah yang pertama semenjak 2013 kemarin. Topik pada acara pembukaan ialah histori Korut saat 70 tahun dengan judul ‘negara yang berjaya’.

Bercermin dari beberapa penyelenggaraan pesta berolahraga Arirang awal mulanya, stadion-stadion akan terisi penuh dengan pesenam artistik, penampil, serta penari.

Ticket buat pemirsa asing berharga lebih dari US$930 atau Rp13 juta, hingga pemerintah Korut bisa mengeruk mata uang asing pada saat negara mereka dikenai sangsi PBB.

Maskapai nasional Air Koryo dilaporkan sudah menjadwalkan penerbangan penambahan dari Beijing untuk menghadirkan semakin banyak wisatawan yang ingin melihat pesta berolahraga itu.

Peragaan dalam pesta berolahraga itu nampaknya akan memikat, akan tetapi pada penyelenggaraan-penyelenggaraan awal mulanya, PBB mebgatakan beberapa anak-anak dipaksa untuk ikut terlibat atau menolong persiapan.

About admin