Home / kesehatan / Waktu Makan Yang Baik Untuk Makan

Waktu Makan Yang Baik Untuk Makan

Waktu Makan Yang Baik Untuk Makan – Apa yang kita makan yaitu hal paling utama penentu kesehatan kita. Tetapi ada hal-hal lain yg tidak kalah perlu. Makin banyak riset temukan kalau kapan kita makan juga punya pengaruh pada resiko kegemukan serta problem kesehatan beda.

“Bila kita lihat rutinitas makan orang-orang yang paling sehat di semua dunia, umumnya dari mereka tidak makan terus-terusan dari pagi hingga malam, ” tutur Valter Longo, Ph. D., profesor pengetahuan hayati di University of Southern California.

“Jadi walau yang Anda makan yaitu makanan sehat, tetapi memakannya lima atau enam kali satu hari dapat menyebabkan problem, ” katanya.

“Tubuh manusia tidak didesain untuk makan selama seharian, ” kata Mark Mattson, Ph. D., kepala Laboratorium Pengetahuan Saraf di National Institute of Aging, AS. “Namun sebenarnya, orang punya kebiasaan kunyah selama seharian sepanjang tidak tidur. Ini mungkin jadi penyebabnya demikian beberapa orang jadi kegemukan. ”

Baca : Makanan Sehat yang Tidak Sehat

Sederhananya, makan 3x satu hari ditambah makanan ringan salah satunya nyatanya bukanlah langkah paling baik untuk makan. Jadi bagaimana semestinya kita mengatur jadwal makan kita?

Ada beberapa cara mengatur saat makan yang gampang untuk dapat melindungi berat tubuh sekalian melindungi kesehatan dengan kurangi resiko penyakit jantung, diabetes, serta yang lain.

Cukup 3x sehari

Meskipun Anda mengkalkulasi serta membatasi kalori yang Anda makan dalam satu hari, tetapi mengudap diantara saat makan dapat membuat kandungan gula darah Anda naik. Hal semacam ini selanjutnya dapat tingkatkan resiko kegemukan serta penyakit metabolisme seperti diabetes.

“Bila kita makan terus-terusan, jadi badan juga akan memperoleh pesan kalau ia mesti senantiasa ada pada keadaan metabolisme tinggi, serta ini membuat badan relatif menaruh keunggulan lemak, ” kata Longo.

Diluar itu, makan terus menerus juga menganggu sistem pergantian sel, yang sesungguhnya dapat membuat perlindungan kita dari penyakit seperti kanker.

Jadi sarannya : Bila kita tidak kegemukan, jadi konsumsilah 3x satu hari kurun waktu 12 jam, tidak lebih. Tetapi apabila kita kegemukan, ia merekomendasikan untuk makan 2 x satu hari ditambah satu makanan ringan, yang dapat dikonsumsi jadi sarapan, makan siang atau makan malam.

Baca : Puasa untuk Usia Lebih Panjang

Makanan ringan itu baiknya tidak lebih dari 100 kalori, serta tambah baik bila berbentuk makanan sehat seperti salad sayuran, atau buah-buahan.

Makan pada jam 8 pagi sampai jam 7 malam

Dalam satu study oleh Kampus Pennsylvania, sekumpulan orang disuruh makan 3x pada jam 8 pagi sampai 7 malam sepanjang 8 minggu. Grup yang lain makan mulai tengah hari sampai jam 11 malam. Ke-2 grup itu lalu bertukar tempat sesudah 8 minggu.

Akhirnya, grup yang makan lebih pagi alami penurunan berat tubuh serta alami perbaikan kandungan gula darah, cholesterol serta trigliserid. Tetapi hal demikian sebaliknya berlangsung pada grup ke-2.

“Temuan ini menggarisbawahi kalau makan sangat siang sampai menjelang waktu tidur juga akan memengaruhi metabolisme serta bagaimana badan membuat makanan yang masuk, ” tutur Namni Goel, Ph. D., peneliti dari Penn’s Perelman School of Medicine. Riset terlebih dulu juga mengkaitkan “penundaan saat makan” ini dengan resiko kegemukan.

Kenapa jadwal makan yang mundur dapat jadi problem? Ini ada hubungannya dengan ritme badan menghasilkan hormon, kata Goel. Sederhananya, badan kita tidak membuat makanan sebagus waktu kita makan lebih pagi.

About admin