Home / internasional / Wartawan Jepang Dibebaskan Dari Tentara Militan di Siriah

Wartawan Jepang Dibebaskan Dari Tentara Militan di Siriah

Wartawan Jepang Dibebaskan Dari Tentara Militan di Siriah – Pemerintah Jepang menginformasikan pembebasan seseorang wartawan terlepas yang disangka disandera di Suriah. Wartawan Jumpei Yasuda dilaporkan hilang tiga tahun kemarin.

“Beberapa petinggi Qatar memberitahukan pada pemerintah Jepang tempo hari malam jika Jumpei Yasuda sudah dibebaskan,” kata jubir pemerintah, Yoshihide Suga, diambil dari situs NBC News, Rabu (24/10).

Suga memberikan jika sekarang ini korban telah ada di sarana imigrasi di Antakya, Turki, yang bersisihan dengan perbatasan Suriah.

“Sesaat ini, kami tengah dalam proses mengindentifikasi jati diri Yasuda lewat pihak berkuasa Turki. Berdasar pada semua info yang ada, kami meyakini jika kemungkinan ia memang Jumpei Yasuda. Kami juga telah memberitahukan ini pada istrinya,” jelas Suga.

Keeberadaan Yasuda sampai kini sudah jadi spekulasi. Ia menghilang di dekat perbatasan Suriah semenjak Juni 2015 kemarin. Pemerintah Jepang juga tidak mengutarakan pihak manakah yang menyandera Yasuda.

Organisasi nirlaba, Reporters Without Borders, mengupload di websitenya pada bulan Desember 2015 lantas jika Yasuda disangka sudah ditahan oleh grup bersenjata yang berafiliasi dengan Nusra Front. Tapi lalu info itu diralat kembali.

Dua tahun kemarin, satu photo tunjukkan seseorang wartawan kenakan baju oranye launching. Wartawan yang dipercaya Yasuda itu menggenggam satu sinyal berbahasa Jepang yang berbunyi, “Tolong membantu saya. Ini ialah peluang paling akhir.”

Kantor berita Kyodo menjelaskan photo itu disebarkan oleh seorang yang menyatakan jika Yasuda ditahan oleh Front Nusra, satu grup militan yang berkaitan dengan Al-Qaeda di Suriah.

About admin